UNRIKA Batam Resmi Buka Program S-2 Magister Manajemen

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Rangka memajukan sistem dan mutu pendidikan tinggi di Kepulauan Riau, terkhusus Batam. Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam resmi membuka program kuliah Magister (S2).

Penetapan program kuliah S2 ini dikukuhkan, berdasarkan surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) RI bernomor 332/KPT/I/2016 tentang pembukaan program studi Manajemen program magister pada Universitas Riau Kepulauan di Batam, yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB) di Kota Batam.

Saat dikonfirmasi, Edwin Agung Wibowo, SE., M. Comm, Dekan Fakultas Ekonomi Unrika Batam turut menegaskan kabar gembira itu.

“Iya, Alhamdulillah sekali, setelah perjuangan panjang akhirnya ditetapkan ‎bahwa kampus kita boleh membuka program S2,” kata Edwin, saat dikonfirmasi.

Dikatakannya, jalur S2 yang dibuka ini untuk program Magister (S2) Manajemen dengan gelar MM. Untuk dasarnya sendiri, S1 Fakutas Ekonomi (Manajemen) telah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kemudian untuk program S2, lanjutnya, akan segera dikebut peraihan akreditasinya untuk semakin memantapkan program pendidikan tinggi ini dengan areditasi terbaik.

“Ya, setelah mulai pembelajaran nanti kita akan mulai proses re-akreditasi untuk S2. Mudah-mudahan secepatnya bisa langsung dapat poin B akreditasi untuk program S2 kita,” katanya.

Jadwal Penerimaan..

Sepanjang pemaparannya, dia juga memaparkan bahwa pendaftaran program kuliah S2 ini  mulai dibuka pada Desember 2016 mendatang.

Adapun jadwal pembelajaran untuk tingkat S2 ini mulai digelar sekitar bulan Februari sampai Maret 2017 mendatang. Untuk jumlah mahasiswa yang hendak diterima dalam angkatan pertama ini diprediksi sekitar 2 kelas, dengan masing-masing kelas berjumlah 25-30 mahasiswa.

Tenaga Pengajar dan Jadwal Kuliah..

Untuk tenaga pengajar di tingkat Magister Manajemen Unrika Batam, jangan diragukan lagi. Edwin menegaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa dosen terbang, untuk memantapkan program pendidikan S2 Unrika Batam.

“Ya, sejauh ini sudah ada 3 dosen terbang yang bersedia mengajar disini. Ada satu dari UTHM Malaysia, ada satu dari Universitas Trisakti, Jakarta dan satu lagi dari Universitas Lancang Kuning (Unilak) di Pekanbaru, Riau,” terangnya.

Selain 3 dosen terbang yang sudah jelas teruji kuaitasnya itu. Program pembelajaran S2 ini juga didukung penuh oleh tenaga pengajar lokal dengan gelar Profesor dan Doktor.

Pihaknya mengklaim, bahwa sistem formasi pengajaran dengan dosen-dosen tersebut jelas sangat kompleks dan akan menghasilkan mahasiswa dalam program S2 yang kredibel.

“Jelas, sangat mendukung. Mahasiswa yang dihasilkanpun akan lebih unggul,” tuturnya.

Untuk jadwal kuliah, pihaknya menyatakan program S2 ini digelar setiap hari Jumat dan Sabtu. Untuk Jumat, kelas dibuka hanya malam hari saja dan untuk Sabtu, kelas akan dibuka mulai pagi hingga sore harinya.

“Dan ini akan berlanjut selama 4 semester, hingga lulus nanti. Dan ini jelas tidak mengganggu jadwal kerja,” tuturnya.

Bagaimana Konsentrasinya?

Masih kata Edwin, ada 4 konsentrasi yang dibuka dalam program S2 ini, diantaranya:

– S2 Manajemen Pemasaran,
– S2 Manajemen Keuangan, 
– S2 Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM),
– S2 Manajemen Sekolah.

Keseluruhan konsentrasi itu akan mulai dibuka dan diselaraskan pada tahun ajaran genap mendatang. Adapun kelas untuk program ini, akan difokuskan di Kampus II Unrika Batam, di komplek Palm Spring, Batam Centre, Batam.

Gedung 4 lantai itu akan dimantapkan untuk mendukung program pembelajaran S2, yang didukung langsung tata letak di tengah kota dengan akses jalan yang lebih terjangkau dengan mudahnya.

“Iya, untuk mempermudah, seluruh mahasiswa S2 ini akan difokuskan di Kampus II Batam Centre, harapannya bisa lebih nyaman dengan tata letak kelas yang ada di tengah kota dengan akses jalan yang terjangkau,” imbuhnya.

Kemudian, Rektor Unrika Batam, Prof. Dr. Nasruddin Harahap, S.U menyatakan sangat mendukung penetapan Unrika membuka jalur S2. Di tengah kesibukannya, Nasruddin menyatakan sangat senang dan siap melanjutkan program tersebut guna memberi sumbangsih bagi pemerintah dalam hal dunia pendidikan tinggi.

“Jadi, (S2) kalau sudah ada di Unrika Batam, kan lebih enak. Ga perlu jauh-jauh lagi, akreditasi pun diakui loh. Jadi kita siap mendukung dan akan terus memantapkan sistem yang ada, agar seluruh Fakultas yang ada di Unrika bisa secepat mungkin untuk membuka program pendidikan S2, kata Rektor Unrika Batam, Prof. Dr. Nasruddin Harahap, S.U saat dikonfirmasi.

Ade P. Nasution, Wakil Rektor I Unrika Batam juga turut menyampaikan ras syukurnya dengan penetapan program S2 di Unrika Batam.

“Ini angkatan pertama kita di jalur S2, jelas ini merupakan kabar baik. Dimana kita berharap dapat membantu pemerintah dalam hal pembangunan dari segi bisnis dengan cara melahirkan bibit-bibit unggulan. Inilah yang terus kita upayakan agar segera tercapai dan terlaksana setiap wacana baik tersebut,” kata Ade P. Nasution.

Dia berharap, dengan pembukaan program tersebut setiap insan yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan dapat segera menyalurkannya.

“Ya, disini tempatnya. Di Unrika Batam, mari segera bergabung dan lanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi,” ajaknya.

Informasi Pendaftaran..

Segera kunjungi website Unrika Batam di www.unrika.ac.id dan dapatkan informasi seputar program S2 sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *